BAHAN DASAR JAJANAN

Hai sobat yang suka ngunyah hehe...disini aku mau deskripsikan beberapa bahan dasar yang biasa dijadikan bahan baku utama jajanan tradisional. yup langsung baca aja ya..


sumber: chilibeli.com

1. Bahan dasar tepung terigu

gambar tepung maizena

Dari sekian banyak jenis tepung yang ada, tepung terigu adalah jenis tepung yang paling sering digunakan. Sebut saja mi, roti, kue, gorengan adalah jenis makanan yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya.

Tepung terigu terbuat dari biji gandum dan memiliki tekstur yang agak kasar dan melekat di tangan. Ada tiga jenis tepung terigu yang beredar di pasaran, yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Ketiga tepung ini dibedakan berdasarkan kandungan gluten yang terkandung di dalamnya.

Sesuai masing-masing namanya, tepung terigu protein tinggi mengandung gluten paling banyak sedangkan tepung terigu protein rendah mengandung paling sedikit gluten. Kegunan dari ketiganya pun berbeda.

Biasanya, tepung terigu protein tinggi digunakan untuk membuat aneka roti, sementara tepung terigu protein sedang digunakan untuk membuat kue bolu, kue kering, dan mi. Untuk tepung terigu protein rendah lebih sering digunakan untuk membuat gorengan karena fungsinya yang bisa merenyahkan sebuah makanan, kerenyahan ini lah yang membuat olahan dari tepung terigu banyak disukai.

Saat memilih tepung terigu, kamu patut berhati-hati. Pilihlah tepung terigu yang tidak mengalami proses pewarnaan (unbleached) dan hindari tepung terigu yang memiliki warna putih bersih karena tepung terigu yang baik adalah yang berwarna putih pucat agak kekuningan

2. Bahan dasar tepung ketan 

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang diolah dengan cara digiling, ditumbuk atau dihaluskan. Teksturnya mirip dengan tepung beras, namun jika diraba, tepung ketan akan terasa lebih lengket. Hal ini karena tepung ketan lebih banyak mengandung pati yang beperekat. Tepung ketan juga banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk beragam kue. Perlu diingat bahwa tepung ketan tidak boleh dimasak terlalu lama agar kue tidak pecah dan berubah bentuk. Hal ini karena sifat ketan yang cepat masak seperti pada pembuatan kelepon atau kue ku

sumber: pakaroti.com

3. Bahan dasar tepung beras

Tepung beras terbuat dari beras yang digiling menjadi tepung


sumber :kompas.com

4. Bahan dasar tepung tapioka

macam macam tepung

Jika tepung terigu terbuat dari biji gandum, lain halnya dengan tepung tapioka yang justru terbuat dari singkong. Fungsinya yang dapat mengenyalkan membuat tepung tapioka lebih sering digunakan untuk kebutuhan pembuatan bakso, siomay, pempek, kerupuk, dan kue basah. Tepung tapioka memiliki warna yang putih bersih sehingga seringkali dikira sebagai tepung sagu.

Padahal, tepung tapioka memiliki tekstur yang lebih licin daripada tepung sagu. Meski begitu, kegunaan tepung tapioka dan tepung sagu cukup sama. Karena itulah, pada beberapa resep tepung tapioka bisa digunakan untuk menggantikan tepung sagu dengan harga yang lebih ekonomis.

Bagi yang punya masalah intoleransi gluten, tepung tapioka bisa dijadikan alternatif pengganti sebab tersedia tepung tapioka bebas gluten yang dijual di pasaran. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan seperti membuat kue, mi, dan sebagainya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kue Basah Tradisional

Special fried noodle